Sabtu, 22 April 2017

Mengenal Sejarah Kesultanan Ottoman di Indonesian Islamic Art Museum

Galeri Ottoman Empire di Indonesian Islamic Art Museum
Kesultanan Ottoman di Indonesian Islamic Art MuseumRibuan koleksi benda-benda seni islam bersejarah dari berbagai penjuru dunia bisa kita nikmati di Indonesian Islamic Art Museum, tepatnya di kawasan Wisata Bahari Lamongan.

Resmi dibuka pada 28 Desember 2016, Indonesian Islamic Art Museum menyajikan berbagai artefak dari kerajaan Islam dunia, seperti Ottoman Turki. Ottoman merupakan kerajaan Islam terbesar, terkuat dan masa kejayaannya paling panjang. Kerajaan Ottoman berkuasa kurang lebih 600 tahun.

Di Indonesian Islamic Art Museum kita bisa melihat sejarah detail tentang kerajaan Ottoman. Ketika kita masuk di zona dua, pertama kali yang kita lihat adalah geleri Ottoman Empire. Kita bisa melihat koleksi baju zirah atau baju perang yang digunakan oleh pasukan tentara Ottoman, sepanjang abad ke-16 ketika pucak kekuasaan kerajaan ini dipimpin oleh Raja Sulaiman.
Pelindung kaki pasukan tentara Ottoman di Indonesian Islamamic Art Museum
Baju zirah Islam dihiasi dengan menggunakan berbagai teknik seperti penyepuhan, tatahan, emas dan perak, serta diberi perhiasan. Terdapat pula ikonografi Islam, berupa kaligrafi yang diletakan pada lengan, baju besi, pelindung kepala hingga persenjataan para pasukan perang kerajaan Ottoman. 

Selain baju zirah terdapat pula koleksi pedang dalam dunia Islam, Al Qur’an tulisan tangan dan menggunakan tinta emas pada abad ke-13, Al Qur’an cetakan abad ke-18, Kitab Istanbul, berbagai hiasan dinding kerajaan, dan masih banyak lainnya.

Di dinding dekat galeri kerajaan Ottoman juga ditempeli dengan lukisan para raja yang berkuasa pada masa kesultanan Ottoman. Yaitu, Sultan Osman Gazi, Mehmed II dan Sulaiman. Terdapat pula pengetahuan tentang sejarah kerajaan Ottoman, dimulai dari pembangunan, perkembangan hingga keruntuhan yang diterangkan secara apik dalam poster ukuran besar ditengah-tengah Galeri Ottoman. 
Berbagai poster di Indonesian Islamic Art Museum
Indonesian Islamic Art Museum bisa disebut sebagai museum terlengkap. Selain kerajaan Ottoman, museum ini juga mendatangkan benda-benda bersejarah dari kerajaan besar lainnya. Seperti Mughal India, Dinasti Ming China hingga kesultanan besar Islam di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Kemegahan Kerajaan Mughal India di Indonesian Islamic Art Museum

Indonesian Islamic Art Museum  Indonesian Islamic Art Museum – Indonesian Islamic Art Museum di Lamongan punya banyak koleksi bersejara...