Kamis, 25 Mei 2017

Kentongan Unik Berbentuk Laki-laki Muslim di Indonesian Islamic Art Museum

Kentingan berbentuk figur orang muslim di Indonesian Islamic Art Museum
Kentongan Unik di Indonesian Islamic Art Museum -  Indonesian Islamic Art Museum terletak di Wisata Bahari Lamongan, Jl. Raya Paciran ex. Tanjung Kodok. Museum yang baru buka pada 28 Desember ini memiliki koleksi benda-benda sejarah terlengkap, dimulai dari peninggalan kerajaan Islam di Indonesia hingga Luar Negeri.

Salah satu koleksi Indonesian Islamic Art Museum yang sangat unik adalah kentongan berbentuk laki-laki muslim memakai kopiah dan sorban. Kentongan ini berasal dari Jawa, kira-kira pada abad ke 18 -19 an. Alat yang terbuat dari kayu ini kabarnya ditemukan di salah satu langgar, dan diduga dulunya digunakan sebagai alat untuk memanggil atau memberitahukan masyarakat untuk ibadah.

Selain itu, fungsi lain dari kentongan adalah sebagai sarana untuk mengumpulkan warga untuk acara pengajian, memberi informasi jika ada berita duka  atau sedang terjadi bencana alam dan kebaran. Di beberapa daerah kentongan juga dijadikan sebagai alat komunikasi dalam ritual keagamaan.

Sejarah budaya kentongan sendiri berasal dari kisah laksamana Cheng Ho dari China yang mengadakan perjalanan dengan misi keagamaan. Dalam perjalanannya tersebut, Cheng Ho menemukan kentongan sebagai sarana komunikasi ritual keagamaan. Penemuan kentongan ini kemudian dibawa ke China, Korea dan Jepang. Setiap daerah pasti mempunyai kisah atau peristiwa penemun kentongan dengan nilai sejarahnya yang tinggi.

Indonesian Islamic Art Museum juga memiliki koleksi unik lainnya, seperti pisau dan kursi sunat, mainan anak kecil pada masa kerajaan Mataram Islam, berbagai koleksi wayang Nusantara dan masih banyak lainnya.

Tiket masuk Indonesian Islamic Art Museum adalah 20.000 untuk weekday dan 25.000 untuk weekend. Museum yang terletak di Wisata Bahari Lamongan ini buka setiap hari pada pukul 09:00 – 17:00 WIB. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Kemegahan Kerajaan Mughal India di Indonesian Islamic Art Museum

Indonesian Islamic Art Museum  Indonesian Islamic Art Museum – Indonesian Islamic Art Museum di Lamongan punya banyak koleksi bersejara...