Senin, 21 November 2016

7 Makanan Korea Enak yang Wajib Kamu Coba

Makanan Korea Enak - Selain terkenal dengan industri K-Popnya, Korea juga dikenal memiliki makanan-makanan yang sangat lezat. Makanan tersebut meliputi makanan tradisional dan modern.

Pada artikel kali ini, penulis akan membahas tujuh makanan Korea yang paling enak dan wajib kamu coba. Tujuh makanan ini sudah diakui kelezatannya di seluruh dunia. Makanan apakah itu?





1.  KIMCHI

Kimchi adalah makanan Korea yang sangat digemari seiring dengan gelombang Korean Wave di dunia. Kimchi terbuat dari sawi putih yang sudah difermentasi yang dicampur dengan garam, bawang putih, cuka, lada serta rempah-rempah lainnya. Selain sawi putih, jenis sayuran yang paling umum digunakan sebagai bahan pembuatan kimchi adalah lobak.

Kimchi memiliki rasa asam dan agak pedas dan biasanya digunakan sebagai lauk pauk wajib bagi warga Korea.


2.  KIMBAP

Kimbap adalah makanan Korea yang mirip dengan Sushi Jepang. Kimbap terbuat dari nasi putih yang digulung dengan rumput laut kering (gim) atau biasanya dikenal dengan nori dalam bahasa Jepang.

Isi dari Kimbap bervariasi, biasanya terdiri dari sumber protein seperti fish cake, daging kepiting imitasi, telur atau daging sapi dan sayuran (Bisa mentimun, bayam, wortel atau acar lobak).


3.  TTEOK

Tteok adalah makanan tradisional Korea yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan cara dikukus, direbus dan digoreng.

Kue beras merupakan makanan yang identik dengan perayaan, seperti pesta pernikahan, ulang tahun dan lainnya. Salah satu yang populer adalah Tteokbokki kue beras pedas.


4.  RAMYEON

Ramyeon (Ramen) adalah makanan Korea instan yang sangat populer dan digemari. Ramyeon pertama kali diperkenalkan di Korea Selatan pada 1960-an. Karena cepat saji, murah dan rasanya enak maka tidak heran jika ramyeon menjadi salah satu makanan instan paling banyak dikonsumsi di Korea.

Biasanya, warung makanan di Korea menyajikan ramyeon dengan beragam toping di atasnya dan pada umumnya ramyeon di Korea terkenal rasanya pedas. Orang Korea memang terkenal suka makanan yang pedas.  


5.  CHAPCHAE

Chapchae atau Japchae adalah makanan khas Korea yang terbuat dari ubi yang ditumis bersama aneka macam sayuran, biasanya wortel, bayam atau jamur yang diiris panjang tipis-tipis dan diberi kecap dan gula.

Chapchae biasanya juga diberi garnish irisan cabe dan biji wijen dan terkadang disajikan bersama daging.


6.  BIBIMBAP

Bibimbap adalah nasi campur ala Korea yang terbuat dari nasi putih dan aneka macam lauk dan sayuran serta saus sambal. Untuk penyajiannya Bibimbap biasanya disajikan dalam mangkuk dengan lauk yang disusun sedemikian rupa agar warnanya terlihat kontras dan menarik. 

Bibimbab juga ada yang disajikan dalam pot/mangkuk panas seperti halnya hot plate dengan kuning telur mentah ditempatkan langsung ditengah lauk-lauknya, dan baru diaduk saat akan dimakan.


7.  BULGOGI

Bulgogi adalah makanan khas Korea Selatan yang terbuat dari lembaran-lembaran daging sapi yang diiris tipis-tipis dan dimasak dengan cara dipanggang atau ditumis dalam pan

Lembaran-lembaran daging ini sebelum dimasak biasanya dimarinasi dulu dengan campuran kecap, gula, minyak wijen, bawang putih, lada dan juga bumbu lain seperti jahe agar rasanya lebih lezat dan teksturnya lebih lembut.

Bulgogi biasanya disajikan dengan berbagai jenis lauk lain yang masing-masing disajikan dalam mangkuk-mangkuk kecil. Daging Bulgogi panggang juga biasanya dikasih sedikit saus sambal dan dimakan dengan cara dibungkus daun selada bersama nasi dan lauk lainnya.

Demikian rekomendasi makanan Korea dari penulis. Selamat mencoba bagi yang mau mencoba!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Kemegahan Kerajaan Mughal India di Indonesian Islamic Art Museum

Indonesian Islamic Art Museum  Indonesian Islamic Art Museum – Indonesian Islamic Art Museum di Lamongan punya banyak koleksi bersejara...